BLOG TIPS TRIK

Saturday 9 October 2010

Setting BRIDGE dial-up speedy modem TP-LINK TD-8817 lewat PC OS UBUNTU

Secara default, modem di set pada mode bridge, artinya untuk melakukan koneksi saya memerlukan aplikasi dial-up PPPoE pada sisi client. Tentu saja hal ini dapat diubah jika kita mengetahui Connection Type, VCI dan VPI dari TelkomSpeedy, untuk wilaya mataram dan sekitarnya yang saya tau VPI=8 dan VCI-81,tidak seperti setting dial-up di windows
Koneksi speedy menggunakan Windows sangatlah mudah, karena secara default Windows memiliki software dial-up untuk PPPoE, bagaimana dengan Ubuntu ?
SO :Ubuntu 9.04 versi desktop yang secara default menggunakan Gnome sebagai desktop manager
langsung saja adapun langkah untuk melakukan dial-up langsung dari PC anda dengan OS linux ubuntu 9.04 dan versi diatasnya sbb:
Hubungkan modem ADSL ke komputer dengan menggunakan koneksi LAN (RJ-45), pastikan modem ADSL dalam keadaan menyala (tidak perlu terkoneksi ke internet)
Buka terminal, ketikkan : sudo pppoeconf
Masukkan password
aplikasi akan memeriksa perangkat-perangkat yang ada pada PC yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi (misalnya : internet card, wireless card, dsb)
aplikasi akan memeriksa perangkat mana yang memiliki koneksi ke modem ADSL
Selanjutnya pilih yes untuk setiap option yang ditawarkan, jangan lupa memasukkan username dan password untuk koneksi speedy saat diminta.
Sampai tahap ini, Ubuntu telah selesai melakukan konfigurasi speedy. Untuk melihat hasil konfigurasi, gunakan perintah : sudo nano /etc/ppp/peers/dsl-provider
Untuk mulai melakukan koneksi, ketik sudo pon dsl-provider, untuk lebih memudahkan, kita dapat mengganti nama file dsl-provider misalnya menjadi speedy, sehingga untuk melakukan koneksi ketik sudo pon speedy
Memutuskan koneksi dapat dilakukan dengan perintah sudo poff.
sekian n selamat mencoba, klo berminat mampir disini

No comments:

Post a Comment